From Web Programming To Mobile Programming

Beberapa hari ini,saya sedang belajar bahasa pemrograman Java untuk membuat aplikasi Android. Bukan mempelajari dari awal lagi sih,cuma lebih memperdalam lagi,terutama tentang konsep OOP-nya. Sebetulnya sih dulu sudah pernah diajarkan java ketika kuliah,matakuliah PBO (Pemrograman Berorientasi Objek) atau bahasa kerennya OOP (Object Oriented Programming). Tapi sehabis itu tidak saya perdalam lagi,karena saya lebih tertarik dengan web programming,dalam hal ini PHP. Waktu itu,memang dunia web programming sedang naik daun,terutama PHP. Namun,setelah sekian lama berkutat dengan web programming (PHP,Javascript,CSS,dkk),saya memutuskan untuk belajar tentang mobile programming. Alasan saya belajar mobile programming cukup sederhana : melepas kejenuhan dari dunia web programming serta mengikuti tren saat ini yaitu mobile programming.

Sebetulnya saya bisa saja sih menggunakan kemampuan saya di web programming untuk membuat aplikasi mobile dengan menggunakan bantuan seperti phonegap. Namun,kalau saya menggunakan phonegap,kemampuan saya akhirnya ya cuma terbatas di web programming saja. Bahasa pemrograman yang dipelajari akhirnya ya cuma PHP ,HTML,CSS,javascript. Menurut saya pribadi,programmer itu jangan terpaku pada satu bahasa pemrograman saja,tapi juga harus terbuka terhadap bahasa pemrograman yang lain. Dengan mempelajari bahasa pemrograman lain,tentu saja kemampuan kita akan berkembang.

Bahasa pemrograman yang saya pilih untuk saya pelajari lebih lanjut adalah Java. Kebetulan,untuk membuat aplikasi di Android,bahasa yang digunakan adalah Java,jadi akhirnya saya memilih belajar Java. Oya,kenapa saya pilih platform android untuk pengembangan aplikasi mobile,karena saya punya device Android,sehingga saya bisa langsung mencoba aplikasi saya di device. Selain itu,aplikasi Android juga bisa dipasang di platform lain seperti Blakcberry 10 dan Nokia X,jadi sekali mendayung,dua tiga pulau terlampaui 😀

Oke,sekian dulu ceritanya. Selamat coding dan ber-Java ria 🙂

Iklan

Balas tulisan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s